Berikut Ini Langkah Analisa Laporan Keuangan yang Benar

136 Likes Comment

alam dunia bisnis, laporan keuangan merupakan salah satu aspek yang cukup penting. Pada dasarnya, keberadaan laporan keuangan bukan hanya sekedar menyajikan data, melainkan terdapat informasi tersirat yang hendaknya dipahami secara baik.

Informasi tersebut bisa didapatkan secara detail dengan melakukan analisa laporan keuangan. Dalam melakukannya terdapat beberapa langkah yang bisa dilakukan. Untuk informasi lebih lanjutnya, simak ulasan berikut.Top of Form

Pengertian Analisa Laporan Keuangan

Sebelum mengetahui langkah-langkah dalam menganalisis laporan keuangan, ada baiknya untuk mengetahui pengertiannya terlebih dahulu. Analisa laporan keuangan bisa diartikan sebagai suatu langkah dalam melakukan rincian catatan akuntansi suatu perusahaan untuk diuraikan serinci mungkin guna mendapatkan informasi yang bermanfaat bagi kemajuan perusahaan.

Proses menganalisis laporan keuangan ini sangat penting dilakukan guna menemukan kesehatan finansial suatu perusahaan. Selain itu, dengan adanya analisa keuangan ini akan diketahui langkah yang harus diputuskan suatu perusahaan untuk melanjutkan langkah berikutnya. Setiap laporan yang diurai menjadi elemen-elemen kecil tentunya akan menyiratkan informasi yang di dalamnya tersirat makna yang signifikan.

Tujuan Analisa Laporan Keuangan

Proses menganalisis laporan keuangan tentunya tidak lepas dari suatu tujuan yang ingin dicapai. Salah satu tujuan dilakukannya analisis laporan keuangan yakni memperoleh informasi terkait kondisi finansial suatu perusahaan secara rinci dan jelas. Hal ini tentunya adalah tujuan utama yang ingin dicapai dengan adanya analisis laporan keuangan.

Tujuan lainnya yang akan dicapai yakni bisa dijadikan acuan dalam menentukan besar-kecilnya pajak yang harus dibayar, sebagai pertimbangan para investor untuk melakukan investasi pada suatu perusahaan, mengetahui prospek suatu perusahaan, mengetahui secara rinci kemungkinan kesalahan dalam laporan keuangan, dan masih banyak tujuan lainnya yang bermanfaat untuk kemajuan suatu perusahaan.

Langkah dalam Melakukan Analisa Laporan Keuangan

Adapun langkah yang dapat dilakukan dalam melakukan analisis laporan keuangan yakni terdapat beberapa tahapan yang hendaknya ditempuh dengan prosedur yang tepat dan cermat. Tahapan-tahapan yang hendaknya dilakukan secara cermat antara lain sebagai berikut.

1. Memahami Perusahaan dengan Baik

Langkah pertama yang hendaknya dilakukan yakni memilih perusahaan yang akan dianalisa masalah keuangannya. Selanjutnya, pahami perusahaan sebaik mungkin, mulai dari latar belakang, bidang usaha yang dijalankan, hingga kebijakan yang digunakan dalam akuntansi perusahaan. Ketika perusahaan yang akan dianalisa dipahami dengan baik, maka proses menganalisa pun akan lebih mudah dilakukan dengan gambaran serta wawasan yang ada.

2. Memahami Faktor-Faktor yang Berpengaruh

Selanjutnya, prosedur yang hendaknya dilakukan yakni dengan mengetahui serta memahami setiap faktor yang berpengaruh terhadap kondisi suatu perusahaan yang sedang dianalisa. Di antara faktor berpengaruh tersebut bisa dari faktor internal maupun eksternal. Setiap informasi terkait kemajuan suatu industri hendaknya dipahami dengan baik, misalnya pendapatan perusahaan, tingkat bunga, pajak yang dibayar, manajemen perusahaan dan kondisi lainnya hendaknya diperhatikan sebaik mungkin.

3. Melakukan Review Terhadap Laporan Keuangan

Tahapan selanjutnya lakukan review laporan keuangan secara cermat dan teliti. Setiap laporan keuangan, hendaknya di review sedetail mungkin guna mendapatkan gambaran informasi keuangan secara benar. Pahami standar akuntansi yang biasanya digunakan pada suatu perusahaan untuk mempermudah dalam proses review. Lakukan proses ini secara sederhana tanpa tergesa-gesa untuk memudahkan melakukan tahapan selanjutnya.

4. Melakukan Analisa Rasio Keuangan

Langkah selanjutnya yang tidak kalah penting yakni dengan menganalisa rasio keuangan. Prosedur ke empat ini bisa dilakukan dengan beberapa teknik yang lumrah digunakan, seperti rasio profitabilitas yang digunakan untuk mengetahui perjalanan suatu perusahaan dengan mengetahui laba yang didapatkan. Teknik lainnya yang biasa digunakan yakni  rasio likuiditas, rasio solvabilitas, dan rasio aktivitas

5. Menarik Simpulan

Tahapan terakhir dalam melakukan analisa laporan keuangan yakni menarik kesimpulan dari setiap prosedur yang telah dilakukan. Simpulan dapat dibuat dengan melihat rincian setiap tahapan dan menyesuaikan dengan analisis yang telah dilakukan.

Nah, itulah beberapa langkah yang bisa dilakukan dalam melakukan analisa laporan keuangan. Hal ini penting dilakukan untuk mengetahui seberapa sehat kondisi finansial suatu perusahaan. Analisa ini hendaknya dilakukan secara tepat dengan langkah-langkah yang cermat guna mendapatkan informasi yang akurat.

You might like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *