5 Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Penetapan Harga Suatu Produk

137 Likes Comment

Bagi setiap pebisnis, salah satu hal yang cukup krusial dan berpengaruh besar terhadap proses penjualan adalah harga produk. Kesalahan dalam menetapkan yang satu ini maka akan menyebabkan sebuah bisnis akan mengalami kerugian.

Oleh karena itu, dibutuhkan beberapa hal yang harus diperhatikan supaya penetapan harga suatu produk ini benar-benar pas.

Mengapa harus pas? Sebab kalau terlalu tinggi akan menyebabkan produk yang jual kurang diminati oleh konsumen. Hal ini akan berpengaruh terhadap volume penjualan.

Sebaliknya, kalau penetapan terlalu rendah juga tidak baik. Sebab akan menyebabkan biaya operasional membengkak sehingga perusahaan bisa mengalami kerugian. Lalu apa aja sih hal yang harus diperhatikan dalam penetapan harga suatu produk?

1. Life Cycle Suatu Produk

Produk apapun yang di jual dalam suatu usaha pasti akan memiliki life cycle atau siklus hidup. Ada empat tahapan life cycle yang hampir dimiliki oleh semua produk. Pertama adalah introduction atau tahap perkenalan, kedua growth atau tahap pertumbuhan, ketiga adalah maturity atau tahap kedewasaan, dan terakhir adalah decline atau yang biasa di kenal dengan tahap penurunan.

Jika ingin dapat menentukan harga yang pas, maka keempat tahap ini harus benar-benar dipahami. Hal ini dikarenakan tiap tahapan nya mempunyai tantangan nya masing-masing. Bisa saja harga produk mengalami perubahan. Atau bisa juga tidak mengalami perubahan namun dibarengi dengan strategi-strategi yang lainnya.

2. Permintaan dan Penawaran

Seorang pebisnis atau pengusaha pasti sudah tidak asing lagi dengan kedua istilah ini. Kedua istilah yang saling berlawanan ini harus sangat jeli diperhatikan dalam menetapkan harga produk. Sebab sebagaimana dikatakan oleh hukum permintaan dan juga hukum penawaran, bahwa harus ada titik equilibrium yang menyatakan hasil permintaan dan juga penawaran. Jika titik ini telah berhasil ditemukan, maka rasa-rasanya harga produk yang ditawarkan pun akan cukup worth it bagi konsumen yang akan menjadi target pasar.

3. Elastisitas Permintaan

Selain dua hal diatas, salah satu hal yang mempengaruhi penetapan harga suatu produk lainnya adalah elastisitas permintaan. Ada setidaknya tiga jenis elastisitas yang mesti dipahami oleh seorang pengusaha: permintaan in-elastic, permintaan elastic, dan juga permintaan unitary elasticity.

Ketiga tipe elastisitas permintaan ini tentunya memiliki sifat dan karakteristik masing-masing. Oleh karena itu seorang pengusaha harus paham benar produk yang dijualnya berada pada elastisitas permintaan yang mana. Dengan mengetahui hal itu maka harga yang ditetapkan pun tidak akan kemahalan atau kemurahan.

4. Biaya Produksi, Operasional, Dan Pemasaran

Jika memang bisnis yang dijalankan merupakan bisnis yang membuat produk sendiri, maka faktor yang satu ini harus diperhitungkan secara tepat. Tujuannya supaya harga produk yang akan ditetapkan nantinya bisa menutupi ketiga biaya ini semua.

Contoh dari biaya produksi adalah biaya tenaga kerja, bahan baku, dan sebagainya. Sedangkan contoh biaya operasional adalah biaya listrik, pajak, dan yang lainnya. Sementara untuk biaya pemasaran, contohnya adalah biaya distribusi, iklan, dan masih banyak lagi.

5. Persaingan Pasar

Faktor terakhir adalah persaingan pasar. Faktor yang satu ini secara tidak langsung akan berpengaruh terhadap harga jual produk yang akan ditentukan nantinya. Bukan apa-apa, soalnya persaingan di pasar itu sangat dinamis dan sulit di tebak. Adakalanya harga harus dinaikkan, namun ada saatnya juga harus diturunkan. Banyak hal yang mempengaruhi hal ini, salah satunya adalah kompetitor.

Lima hal diatas merupakan faktor-faktor yang harus diperhatikan dalam penetapan harga suatu produk. Terlepas dari apapun produknya yang di jual, kelima hal tersebut harus benar-benar diperhatikan. Hal ini bertujuan agar dapat meminimalisir kerugian dan berpotensi untuk menghasilkan keuntungan yang berlipat.

You might like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *