Profil Lengkap Thibaut Courtois

Thibaut Courtois

Tak ada yang meragukan kemampuan reaksi dari kiper bertubuh tinggi besar ini, siapa lagi kalo bukan kiper nomor satu Chelsea dan timnas Belgia, Thibaut Courtois. Semenjak kembali ke Chelsea dari Atletico Madrid, nama Courtois kian meroket atas aksi-aksi penyelamatan apiknya dibawah mistar gawang.

Courtois, 25 tahun merupakan salah satu pesepakbola berbakat kelahiran Belgia. Kendati masih berusia muda, namun nama Courtois tak bisa diragukan. Keberhasilannya mengantarkan Atletico Madrid juara La Liga dan mencapai Final Liga Champions telah menjadi jawaban singkat bahwa Courtois layak menjadi kiper nomor satu Belgia.

Tak berhenti sampai disitu saja, ketika bersama Chelsea, Courtois juga sukses mempersembahkan dua gelar bergensi mulai dari juara Liga Primer Inggris serta juara Eropa lainnya. Sempat menjalani periode buruk di Chelsea pada musim 2015/16 dengan absen dipentas Liga Champions lantaran tim yang dia bela hanya mampu finish di peringkat 10 besar klasemen akhir Premier League.

Namun secara perlahan Courtois kembali menemukan performa terbaiknya dan sukses kembali merebut gelar juara Liga Primer Inggris 2016/17 dalam era kepelatihan Antonio Conte. Kini namanya pantas dibilang sangat baik menggantikan posisi Petr Cech yang pergi meninggalkan Chelsea lantaran mereka memanggil pulang Courtois dari Atletico.

Berikut data lengkap kiper yang sempat membawa ketertarikan klub-klub elite Eropa termasuk Real Madrid dan Barcelona ini :

Nama Lengkap : Thibaut Nicolas Marc Courtois
Tempat Lahir : Bree, Belgia
Tanggal Lahir : 11 Mei 1992
Klub Sekarang : Chelsea FC
Posisi Bemain : Penjaga Gawang
Negara : Belgia
Tinggi Badan : 199 cm

Memulai karir dengan belajar mengenal sepakbola di akademi Genk FC sekaligus merasakan debut pertamanya diklub tersebut, meski masih muda, Courtois menampilkan performa yang bagus, sampai setahun kemudian dia selalu menjadi kiper utama bagi klub yang bermain di liga Super Belgia tersebut dalam usia 17 tahun.

Masuk musim 2011, Courtois mulai merasakan titik terang karirnya akan mulai terjadi. Chelsea masuk ke dalam catatan hidupnya dengan meneken kontrak Courtois, namun dia tak langsung menjadi kiper nomor satu The Blues. Courtois sempat menjadi kiper pinjaman karena kurang mampu bersaing dengan Petr Cech.

Dan dunia terkejut, Courtois berhasil tampil memikat bersama Atletico sebagai klub yang berkesempatan memakai jasa Courtois. Sampai pada akhirnya dimusim 2014, The Blues memulangkan Courtois ke Stamford Bridge, London. Tanpa ambil berpikir lama, pihak klub langsung memasang Courtois sebagai kiper andalan Chelsea.

Dan disinilah karir Cech di Chelsea terhenti, sang kiper memutuskan hijrah ke Arsenal karena kalah pamor dengan Courtois. Keputusan Chelsea pun terbilang tepat, kedatangan Courtois ke skuat utama telah membawa keberuntungan baru karena mereka sukses meraih banyak gelar domestik hingga Eropa.

Kini Courtois tengah bersiap untuk mempersembahkan tiket menuju ke putaran final Piala Dunia 2018 di Rusia. Bersama timnas Belgia, nama Courtois menjadi salah satu masa keemasan Belgia dalam kancah internasional sebagaimana skuat mereka saat ini telah diisi oleh banyak pemain bintang kelas dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *